Rabu, 08 Februari 2012

E-Market Maker

E-Market Maker adalah suatu perantara online yang menghubungkan para penjual dan para pembeli yang sebelumnya terpisah di dalam suatu industry vertical yang sama. E-market memperoleh pendapatan dengan menggunakan transaksi, pelanggan, atau menaikan harga.

Contoh :
  • TradeOut.com memungkinkan beberapa pembeli untuk melakukan penawaran atas lelang barang yang dijual oleh supplier individual.
  • E-Comerce dikatakan sebagai market-marketing karena keberadaanya secara langsung telah membentuk sebuah pasar perdagangan tersendiri yang mempertemukan berjuta-juta penjual dan pembeli disebuah pasar digital maya (e-market). Dipasarnya maya ini terjadi perdagaangan secara terbuka dan bebas, karena masing-masing penjual dan pembeli dapat bertemu secara efisien tanpa perantara.
  • Marketplace exchange, menyediakan layanan berupa proses transaksi, mulai dari penaksiran, negosiasi, sampai penyelesaian (contoh: Orbitz, Chemconnect)
  • Buy/Sell Fulfiment. Memenuhi kebutuhan Customer yang menginginkan barang dan jasa, termasuk harga, pengiriman dan sebagainya. Untuk ini broker menetapkan fee untuk setiap transkasi (contoh: CarsDirect, Respond.com), Demand Collection Sistem (contoh : Priceline.com), Auction Broker (broker lelang : contoh :eBay), Transaction Broker (contoh : Paypal, escrow.com), Bounty Broker (broker hadiah, contoh : BountyQuest), Distributor (contoh : Questlink), Virtual Mall (contoh : ChoiceMall) 


E-market membuat peran utama didalam industri yang mempunyai karakteristik  berikut ini :
  • Large market size : Suatu industri yang mendukung volume transaksi dolar besar yang mungkin mendukung jaringan pasar.
  • Fragmented supply chain. Dengan jumlah pembeli dan penjual, mencari pembeli yang membayar dengan harga yang tinggi.
  • Unrecognized vendor or product differentiation. Penjual dan pembeli sering mengakibatkan pembedaan produk atau penjual tidak dikenali dan tidak semata-mata pada harga tetapi juga pada ketersediaan produk, pendukung, penyerahan, atau lain-lain.
  • High information search costs. Dengan cepat mengubah produk informasi kembali kedalam informasi tinggi untuk mencari biaya-biaya, sekalipun penjual mencari dengan harga yang rendah.
  • Higt product comparison costs. Sering para pembeli mempunyai kesulitan untuk membandingkan produk serupa dari berbagai penjual sebab produk sulit dibedakan.
  • High work flow costs. Proses pengadaan internal, verifikasi kredit, atau logistik dapat menciptakan biaya-biaya tinggi untuk pembelian.
  • The pure-E “Digital Products” pattern.
Tiga jenis sifat usahawan di dalam pasar digital :
  • Pemakaian teknologi dan mutu tinggi, service atau layanan, produk konsumen dan dengan pengalaman bisnis yang sangat memadai.
  • Software dan memperluas platform pendukung hardware dan bisa mendukung produk industri digital
  • Suatu infrastruktur distribusi memungkinkan produk digital untuk dikirimkan dengan mudah, dan dengan biaya yang lebih sedikit dimanapun dan pada teknologi apapun.
Keterbatasan perangkat WAP antara lain:
  • kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired (seperti komputer)
  • keterbatasan ukuran memory.
  • penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan batre
  • ukuran display yang lebih kecil dan terbatas.
input device yang berbeda dengan device biasa
  • Pure E (Digital Product)
Yaitu menjelaskan bahwa product digital dan perangkat lunak digital saat ini banyak dijual diinternet, dan hal ini menggambarkan kita berbagi dan menemukan informasi, bahkan hal-hal yang berkaitan dengan music, perangkat lunak, buku, foto dan yang lainnya.

Contoh :
  • Pure E terjadi ketika produk, servis, dan agen pengiriman dilakukan secara digital/elektronik. Contoh dari Pure E adalah ketika terjadi transaksi pembelian e-book (produk serta agen pengiriman digital karena yang perlu dilakukan adalah proses unduh/download saja) di Amazon.com dan pembayaran dilakukan secara elektronik/digital (misal melalui Paypal).
Tiga jenis sifat usahawan di dalam pasar digital:
  • Pemakaian teknologi dan mutu tinggi, service atau layanan, produk konsumen dan dengan pengalaman bisnis yang sangat memadai. 
  • Software dan  memperluas platform pendukung hardware dan bisa mendukung produk industri digital
  • Suatu infrastruktur distribusi memungkinkan produk digital untuk dikirimkan dengan mudah, dan dengan biaya yang lebih sedikit dimanapun dan pada teknologi apapun.
Keterbatasan perangkat WAP antara lain:
  • Kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired (seperti komputer)
  • Keterbatasan ukuran memory.
  • Penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan batre
  • Ukuran display yang lebih kecil dan terbatas.
  • Input device yang berbeda dengan device biasa

1 komentar:

  1. nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
    mudah dan terjangkau..
    chek this out => www.kiostiket.com

    BalasHapus