Rabu, 08 Februari 2012

Pengembangan Bisnis Teknologi Informasi Aspek Pemasaran


Entrepreneur yang baik
Semua orang dapat menjadi entrepreneur, tanpa kecuali. Untuk menjadi entrepreneur yang sukses dapat menggunakan pedoman “SMART IN ENTREPRENEUR.” S merupakan singkatan dari Sikap metal positif sebagai landasan untuk menjadi entrepreneur. M adalah Menciptakan mimpi dan berusaha mengejarnya. A adalah Ambil langkah sekarang juga, meskipun tidak punya uang. R kepanjangan dari Rahasia melambungkan bisnis dan T simbol dari Terimalah kegagalan yang merupakan bagian dari pelajaran untuk meraih kesuksesan. IN adalah Insya Allah, hanya Allah-lah yang mengijinkan kita sukses menjadi entrepreneur.

Menurut Profesor Edwood Chapman, sikap mental adalah cara mengkomunikasikan atau mengekspresikan suasana hati atau watak kepada orang lain. Jika ekpresi kita kepada orang lain positif, maka kita disebut sebagai orang yang bersikap mental positif. Sebaliknya jika ekpresi kita kepada orang lain negatif, maka kita disebut sebagai orang yang bersikap mental negatif. Sikap mental positif merupakan salah satu dari jiwa entrepreneur yang menonjol.
Bermimpi adalah menghayal sesuatu yang masih mungkin tercapai meskipun belum ada gambaran bagaimana cara mencapainya atau sangat sulit mencapainya. Dalam bahasa manajemen mimpi adalah visi, yaitu sesuatu yang dinginkan entrepreneur yang besifat ideal.
Rahasia untuk melambungkan bisnis dapat menggunakan berbagai macam strategi, mulai dari strategi generic dari Michael E. Porter, strategi positioning dari Jack Trout , strategic intent dari Gary Hamel dan Prahalat, strategi samudra biru dari Kim dan Renee serta strategi bisnis dari Nabi Muhammad s.a.w.
Kegagalan merupakan label yang seringkali kita hubungkan dengan suatu tindakan yang tidak berhasil dan begitu diterapkan, label ini membuat kita dikatakan orang yang tidak mampu. Jika kita memiliki konsep kegagalan, maka kita tidak akan dapat berbicara, tidak akan dapat menulis dan tidak akan dapat berjalan. Karena untuk berbicara, menulis dan berjalan harus melalui kegagalan yang tak terhitung jumlahnya. Demikian juga dalam dunia bisnis juga dapat meniru kegagalan kita di masa kecil dan kita dapat belajar dari kegagalan tersebut.
Tips – tips agar bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses yaitu:
·         Mulailah dari yang kecil
yup, karena tidak ada pencapaian besar tanpa diawali oleh sesuatu yang kecil.
·         Sadarilah bahwa tidak ada pencapaian instan
Banyak orang yang berpikir dan berharap akan mendapatkan sebuah kesuksesan secara instan, ketahuilah bahwa sesungguhnya kesuksesan adalah hasil dari sebuah proses yang baik, dan proses tersebut memang memerlukan waktu yang cukup.
·         Keluar dari rutinitas
Karena rutinitas akan menciptakan sebuah pola pikir yang monoton, dan itu sangat berbahaya bagi kreatifitas seorang entrepreneur.
·         Berkawanlah secara luas
Karena dengan cara ini lah, kita akan memiliki teman yang banyak dan suatu saat pasti akan memiliki pengaruh positif bagi usaha/bisnis yang kita jalani suatu hari nanti, maka bertemanlah dengan banyak orang dan jadilah orang selalu diharapkan kehadirannya.
·         Berusahalah secara optimal, dan serahkan hasil pada Yang Kuasa
Manusia hanya bisa berusaha dan hanya Dialah yang menentukan hasil dari usaha yang telah kita lakukan, bila belum berhasil maka pelajarilah dan coba lagi sesuai dengan pelajaran yang kita dapatkan dari kegagalan sebelumnya. Jangan pernah menyalahkan Tuhan, karena apapun hasilnya itulah yang terbaik bagi kita.
·         Kecepatan.
Dengan segala percepatan perkembangan teknologi, globalisasi, dan internet, laju perubahan pun semakin cepat dari yang pernah dibayangkan. Karena itu, Anda harus bisa mengantisipasinya dan sanggup bereaksi cepat, tapi juga penuh perhitungan.
·         Kemampuan Beradaptasi.
Laju perubahan yang terjadi pada dunia internet membutuhkan bisnis yang lebih fleksibel dan adaptif dibandingkan sebelumnya. Anda harus menambah pengetahuan dan mampu menginterpretasinya, serta secara cepat merespon perubahan tersebut dimanapun terjadinya baik dalam teknologi dan kompetisi, juga pada pergantian pola pasar dan pembeli.
·         Eksperimen.
Seorang enterpreneur harus bersedia mencoba ide-ide baru di pasar yang dibidiknya. Anda tidak memiliki banyak waktu atau hanya mengandalkan ‘market research‘ yang sudah tidak up to date untuk mengevaluasi tindakan-tindakan Anda. Eksperimen dan siap bergerak cepat untuk beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar kepada Anda .
·         Inovasi Yang Konstan.
Meluncurkan produk ke pasar hanyalah sebuah permulaan. Dorongan kompetisi yang tak kenal henti dan tuntutan pasar terhadap perbaikan membuat fokus bisnis pada inovasi sangat penting.
·         Kolaborasi.
Sudah menjadi sifat dari enterpreneur menjadi kolaboratif. Anda tidak bisa bekerja sendiri di pergerakan dengan kecepatan seperti ini. Internet memungkinkan Anda melibatkan banyak pemilik perusahaan dalam setiap langkah. Mulai dari kelahiran sebuah produk melalui riset, pembangunan produk, pengemasan, pengiriman, support dan proses perbaikan yang terus berjalan.
·         Jadilah Penggerak Distribusi.
Tantangan nyata dari dunia bisnis saat ini adalah distribusi penyebaran merek serta identitas produk dan jasa Anda. Satu hal yang paling terasa, internet memperkecil hambatan distribusi. Untuk itu, Anda harus membangun merek dan saluran distribusi demi kesinambungan kesuksesan bisnis.
·         Fokus Pada Niche Market.
Internet menjangkau dan mendistribusi kesempatan bisnis pada pasar baru yang terbuka. Karena itu, enterpreneur harus memfokuskan pada sektor pasar yang terdefinisi dengan baik –baik yaitu pada niche market atau pasar ceruk- agar dapat meraih posisi dominan atau menemukan pasar yang belum atau kurang terlayani. Walau kenyataannya, kesempatan yang paling menggairahkan terletak pada menciptakan pasar yang baru.
·         Jadilah Multidisipliner.
Perusahaan dalam era ekonomi baru seperti sekarang menciptakan solusi dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu seperti teknologi, content, grafis, layanan dan hubungan. Karena itu, seorang enterpreneur sukses biasanya memahami berbagai disiplin ilmu.
Menurut Colorado Society of CPA, sifat-sifat penting dimiliki untuk seseorang yang ingin menjadi enterpreneur, antara lain adalah sebagai berikut:
·         Percaya Diri
Percaya pada diri sendiri sangat penting untuk enterpreneur yang harus menghadapi resiko ketika memulai bisnis dan mempertahankannya ketika mengalami kesulitan. Percaya diri untuk membuat keputusan secara cepat dan tepat ketika menghadapi tekanan.
·         Integritas
Pada umumnya orang-orang senang berbisnis denga mereka yang bisa dipercaya. Untuk membangun sebuah integritas cobalah untuk selalu jujur, mendengarkan orang lain dan memperlakukan orang lain dengan hormat. Jangan memberikan janji yang muluk-muluk, serta mengakui jika telah melakukan kesalahan.
·         Energi Tinggi
Memulai dan menjalankan bisnis bisa menyenangkan, tetapi juga memerlukan banyak energi serta jam kerja yang panjang. Pastikan bahwa diri kita siap menghadapi hal tersebut dengan membuat komitmen pada fisik dan mental.
·         Pengalaman
Paling baik memulai bisnis di bidang yang kita sukai dan kita memiliki pengalaman terhadapnya. Hal tersebut dapat meminimalkan setipa benturan pembelajaran.
·         Dukungan
Apakah keluarga mendukung keputusan kita bekerja untuk diri sendiri? Sebagai pemilik bisnis baru, penting untuk menyadari, bahwa hidup kita akan berubah dalam banyak hal yang tidak semuanya positif. Karena itu, akan menjadi baik ketika kita berada diantara orang-orang yang memiliki harapan-harapan yang realistik tentang waktu dan uang.
·         Semangat yang berkobar-kobar
Semangat adalah sifat yang sulit dikembangkan. Adalah menjadi sangat penting kita memiliki semangat pada saat awal kita mendirikan bisnis. Pertahankan semangat. Tuntutan menjalani bisnis bisa menjadi sesuatu yang melelahkan, tapi semangat akan membantu kita mengusir kelelahan.
·         Sumber dana yang memadai
Salah satu dari 2 penyebab paling umum gagalnya suatu bisnis adalah karena pemiliknya menganggap remeh jumlah uang yang diperlukan untuk membuat bisnis tinggal landas. Kemungkinan kita akan memerlukan lebih banyak uang untuk mengembangkan bisnis kita daripada yang sekedar dibayangkan. Maka pastikan untuk mengakses dana ekstra lewat tabungan dan sumber dana yang lain.
·         Ketrampilan mengatur
Sama seperti kebanyakan pemilik bisnis kecil lainnya, kita mungkin akan berperan rangkap. Mulai dari CEO sampai pembersih toilet. Untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, kita harus pandai mengatur dan memikirkan bidang-bidang yang bisa didelegasikan.
·         Kompetitif
Mulai dari hari pertama, kita dan bisnis yang kita jalankan, akan menghadapi persaingan dari pihak-pihak yang tak terduga sekalipun. Agar bisa tetap bertahan sangat diperlukan semangat berkompetisi yang tentunya harus dilakukan dengan cara- cara yang sehat.
·         Pengambil Resiko
Memulai bisnis bisa diartikan sama dengan memulai menghadapi resiko yang besar. Itu bukan yang pertama dan yang terakhir, yang akan kita hadapi. Para enterpreneur tidak takut mengambil resiko yang telah diperhitungkannya. Belajarlah dari kegagalan. Orang yang bisa mengambil resiko dengan nyaman berkemungkinan lebih besar membuat keputusan-keputusan yang bisa membuat bisnis tumbuh dan berkembang.
·         Fleksibel
Enterpreneur harus fleksibel, karena segala sesuatu akan berubah sangat cepat. Enterpreneur sukses tahu cara menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan bisnis yang tumbuh dan berkembang, serat mengembangkan ketrampilan untuk menghadapi perubahan.

Sumber : http://blog.ub.ac.id/faizaalif/2010/03/03/entrepreneur-yang-baik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar