Rabu, 08 Februari 2012

JENIS PENGEMBANGAN ASPEK KEUANGAN ( BISNIS )


KEUANGAN :

Kegiatan yang berhubungan dengan penentuan investasi jangka panjang sebuah
perusahaan, mendapatkan dana untuk membayar, dan memimpin kegiatan keuangan
harian sebuah perusahaan.
A. Komponen-komponen Biaya

Secara umum dalam pelaksanaan proyek, komponen biaya dibagi atas:

Biaya Personil

Biaya personil adalah komponen-komponen biaya yang dikeluarkan untuk membayar honor
dan gaji tim kerja yang bekerja dengan kita. Hitung komponen biaya berdasarkan
kesepakatan dengan anggota tim, apakah akan berdasarkan orang-jam/man-hour, oranghari/
man-day atau orang-bulan/man-month.
Masukkan seluruh anggota tim kerja dari mulai Manajer Proyek sampai Office-boy yang
membantu kelancaran pekerjaan tim.

Biaya Nonpersonil

Biaya nonpersonil adalah komponen-komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk
mendukung kelancaran pelaksanaan proyek. Komponen-komponen biaya tersebut.

Biaya Transportasi

Hitung kebutuhan transportasi baik untuk di dalam kota maupun luar kota.
Untuk transportasi dalam kota dapat menggunakan perhitungan estimasi harga
per liter premium untuk per lima kilometer jarak.

Biaya Allowance Penugasan Luar Kantor
Pada saat berangkat untuk penugasan luar kota tentunya ada biaya tambahan
untuk kita maupun tim kerja yang ditugaskan. Untuk menghitung biaya allowance
ini dapat menggunakan contoh sebagai berikut:
+ Uang makan 3 kali sehari Rp 90.000,- (jika penugasan luar kota)
+ Biaya komunikasi sehari Rp 15.000,-

Biaya Rutin

Biaya rutin adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan rutin selama kegiatan
berlangsung seperti telepon, sambungan internet, korespondensi, listrik, air, gas,
keamanan, pemeliharaan, dan sebagainya.

Biaya Pemanfaatan Peralatan dan Sewa

Biaya pemanfaatan peralatan/sewa adalah ongkos-ongkos yang harus
dikeluarkan seperti sewa ruangan (kerja/produksi, presentasi dan pelatihan),
komputer, printer, kendaraan, dan sebagainya.
Masukkan seluruh komponen tersebut sekalipun tidak disampaikan kepada klien
karena biasanya mereka menolak untuk membayar beban-beban tersebut.

 Biaya Belanja Barang Pakai Habis

Biaya belanja barang pakai habis adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk
membeli barang-barang seperti kertas, alat tulis kantor, tinta printer, disket,
CD/DVD, dan sebagainya.

 Biaya Penyusunan Laporan

Biaya penyusunan laporan adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam
penyusunan laporan kegiatan dan modul user manual dari misalnya: proyek
aplikasi perangkat lunak yang kita bangun. Perkirakan berapa biaya yang habis
untuk kerja orang yang mengetik dan mengeditnya, pencetakan, pemaketan dan
pengirimannya.
B. Estimasi biaya

Definisi perkiraan biaya adalah seni memperkirakan kemungkinan jumlah biaya yang
diperlukan untuk suatu kegiatan yang didasarkan pada informasi yang tersedia pada waktu itu (Iman Soeharto_National Estimating Society USA), berdasarkan definisi, tersebut. maka perkiraan biaya mempunyai pengertian sebagai berikut :
Perkiraan biaya yaitu melihat, memperhitungkan dan mengadakan perkiraan atas hal
hal yang akan terjadi selanjutnya Analisis biaya yang berarti pengkajian dan pembahasan biaya yang pernah ada yang digunakan sebagai informasi yang penting.

Kualitas estimasi sangat ditentukan oleh :
·         Tersedianya data dan informasi
·         Teknik dan metode yang digunakan
·         Kecakapan dan pengalaman estimator
·         Tujuan pemakaian perkiraan biaya

Sumber informasi terbaik adalah pengalaman perusahaan dari proyek-proyek yang pernah dikerjakan.

C. Dasar-dasar Penyusunan Anggaran

Business Budget atau Budget (Anggaran) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan (yang menimbulkan penerimaan/hak dan juga pengeluaran/kewajiban), yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu / periode tertentu yang akan datang. (Munandar, 1997).
Unsur-unsur Budgeting/Anggaran
·         Rencana, penentuan terlebih dahulu tentang berbagai aktivitas yang akan dilakukan di waktu yang akan datang. Rencana tersebut memiliki spesifikasi- spesifikasi tertentu,seperti;
o disusun secara sistematis,
o mencakup seluruh kegiatan perusahaan, dan dinyatakan dalam satuan         moneter/uang.
·         Meliputi seluruh kegiatan perusahaan :
o Fungsi produksi
o Fungsi pembelanjaan/keuangan
o Fungsi administrasi
o Fungsi pemasaran
o Fungsi personalia
·         Untuk waktu yang akan datang.
 Macam Budget/Anggaran (berdasarkan periode penyusunannya).
·         Budget Taktis
o   Budget Harian
o   Budget Mingguan
o   Budget Bulanan
·         Budget Strategis
o   Budget Tahunan
o   Atau Sesuai kebutuhan
Beberapa faktor yang mempengaruhi jangka waktu berlakunya budget/anggaran :
o   Luas pasar/pekerjaan
o   Posisi perusahaan dalam persaingan
o   Jenis produk yang dihasilkan (Elastis atau In-elastis)
o   Tersedianya data dan informasi
o   Keadaan perekonomian



Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Penyusunan Budget/Anggaran
Faktor-faktor Intern
a. Penjualan tahun-tahun yang lalu
b. Kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual, syarat pembayaran barang yang dijual, pemilihan saluran distribusi dan sebagainya
c. Kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan
d. Tenaga kerja yang dimiliki perusahaan
e. Modal kerja perusahaan
f. Fasilitas-fasilitas perusahaan
g. Kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsifungsi perusahaan, baik di bidang pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi maupun personalia.

Faktor-faktor Ekstern

h. Keadaan persaingan
i. Tingkat pertumbuhan penduduk
j. Tingkat penghasilan masyarakat
k. Tingkat pendidikan masyarakat
l. Tingkat penyebaran penduduk
m. Agama, adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat
n. Berbagai kebijaksanaan pemerintah, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya maupun keamanan
o. Keadaan perekonomian nasional maupun internasional, kemajuan teknologi dan sebagainya

Proses Utama Penyusunan Budget/Anggaran :

  1. ·         Identifikasi kebutuhan
  2. ·         Mengumpulkan data dan informasi
  3. ·         engolah dan menganalisis data dan informasi
  4. ·         Menyusun budget
  5. ·         Pengkoordinasian dan evaluasi budget

Proses Utama Penyusunan Budget/Anggaran


Gambar. 1: Alur Proses Penyusunan Budget/Anggaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar