Rabu, 08 Februari 2012

Perubahan paradigma di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi


       Bagaimanakah menurut anda perubahan paradigma dan revolusi teknologi, membantu atau menambah repot, uraikan dan jelaskan pendapatnya.
       Apakah perbedaan dan persamaan dari teknologi informasi dan sistem informasi dan kaitannya dengan e-bisnis.
Jawab: 

·         Menurut saya ,perubahan paradigma di zaman sekarang sangat mempengaruhi pola kehidupan sehari-hari dimana dibutuhkan Peran informasi, sebagai input dan sekaligus output dari Iptek,  menjadi semakin penting dalam era knowledge. Dimana perubahan paradigm berakar dari komunikasi dan berujung pada kemunculan alat atau aplikasi dan program yang diciptakan untuk mengelolah komunikasi menjadi lebih baik outputnya sehingga menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan dalam kehidupan setiap manusia didunia. Dengan perubahan paradigm didunia maka terpancinglah manusia untuk menciptakan sesuatu hal dimana dapat digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia, dengan cara menciptakan hasil-hasil karya yang salah satunya berbau teknologi. Yang dimana saat ini tidak dipungkiri kehadirannya dalam kehidupan dan sangat dibutuhkan untuk mempermudah,memperlancar maupun mengelolah setiap pekerjaan yang ingin di selesaikan agar lebih efisiensi. Dengan adanya teknologi merupakan salah satu factor jalan untuk menjalani kehidupan sekarang berarti pengguna teknologi sangat diharapkan, dimana dapat mempermudah dan tidak merepotkan bagi penggunanya dan sangat bermanfaat bagi seluruh peningkatan paradigm yang ada sekitar kita.
·         Sistem diartikan sebagai kumpulan dari komponen yang saling berkaitan untuk secara bersama-sama menghasilkan satu tujuan.Informasi diartikan sebagai hasil pengolahan data yang digunakan untuk suatu keperluan, sehingga penerimanya akan mendapat rangsangan untuk melakukan tindakan. Data adalah fakta yang jelas lingkup, tempat dan waktu-nya.Teknologi Informasi dan Sistem Informasi menjadi pilar utama  dalam pembangunan peradaban manusia di zaman sekarang ini. Dengan berkembangnya dunia maka semakin meningkat pula teknologi informasi yang menghasilkan output system informasi. Teknologi informsai dan system informasi akan berhubungan dengan e-bisnis apabila dikaitkan dengan perubahan-perubahan model bisnis dan apa-apa saja yang berhubungan dengan kebutuhan hidup dalam pencarian nilai (value) maka timbullah cara untuk berbisnis baik menggunakan aplikasi yg berujung pada teknologi maupun yang menggunakan system informasi seperti penggunaan internet. Teknologi Informasi dapat digunakan untuk meningkatkan proses bisnis secara efisien dan efektif dalam menentukan suatu keputusan dan berkolaberasi dengan group agar dapat berkompetisi terhadap pasar. Sistem yang berbasis pada  jaringan (network) menjadi komponen dalam menentukan kesuksesan bisnis di era globalisasi.Teknologi informasi akan menentukan jalannya perputaran roda bisnis.

1 komentar: